LATAR
BELAKANG
Dipulau Kalimantan yang menyimpan
potensi sumber daya alam yang banyak seperti pengeboran minyak, penambangan
batu bara dan perkebunan (karet dan kelapa sawit). Maka banyak
perusahaan-perusahaan yang berdiri dan memberikan lapangan pekerjaan kepada
masyarakat sehingga dapat bekerja dalam suatu perusahan. Tetapi tidak semua
mobil dapat melintas pada jalan operasional perusahaan dikarenakan medan jalan
yang berlumpur, becek (faktor cuaca tidak mendukung) dan tanjakan gunung yang
sangat tinggi. Hanya DOSER, PC dan alat berat lainnya yang dapat beroperasi
dijalan yang becek dan tanjakan gunung yang sangat tinggi, sedangkan mobil
sarana (mobil kecil) tidak dapat menembus jalan yang tidak mendukung.
Maka, dari itu perusahan akan mengabil
atau membeli jenis mobil 4x4 atau juga dinamakan double differential supaya
dapat membawa barang produksi seperti logistik, batu bara, separe part, karet
dan buah kelapa sawit, dan menebus perjalanan yang becek, belumpur,dan
tanjakan, tetapi mobil kecil (sarana) model 4x4
masih dirasa kurang bisa melewati
medan tersebut perlu adanya penambahan suatu alat untuk menambah tenaga
pada mobil tersebut. Sistem air locker
differential membuat mobil yang kurang bertenaga menjadi lebih bertenaga pada
air lock differential, putaran differential disambungkan ke axle
shaft dan menjadi satu sehingga mobil
bisa lebih bertenaga dalam cengkraman dimedan jalan yang berlumpur,becek dan
tanjakan gunung mencapai 750 segala rintangan yang tidak memungkinkan.
FUNGSI DIFERENSIAL
Diferensial adalah salah satu bagian dari
sistem pemindah tenaga yang bertugas untuk memindahkan tenaga putar dari propeller
shaft ke poros roda
belakang (rear axle) dan untuk memungkinkan adanya perbedaan putaran
antara roda kiri dan roda kanan belakang saat membelok, baik berbelok kekiri
maupun kekanan.
Dalam hal ini roda kanan
dan roda kiri belakang kendaraan tidak selalu berputar dalam kecepatan yang
sama, karena disebabkan oleh kondisi jalan, terutama disaat kendaraan akan
berbelok. Yang dimana jarak tempuh atau turning radius roda bagian luar harus lebih
besar dibandingkan turning radius
roda bagian dalam sehingga roda bagian luar bergerak lebih cepat dari pada roda
bagian dalam.
Perbedaan tekanan ban atau
terjadinya keausan pada ban dan roda dapat menyebabkan kendaraan sulit untuk
dikendalikan, maka penggunaan diferensial
sangat dibutuhkan pada mobil.
AIR LOCKER DIFFERENTIAL
Lock differential adalah suatu perangkat pada
differensial yang berfungsi mengunci gigi satelit (Pinion dan side gear).
Gambar. air lock differential
Penguncian
ini memberikan 100 % dari torsi engine
pada kedua roda , bahkan jika salah satu memilik nol traksi (salah satu
ban ada yang selip).
Mengunci
differential ,sering disebut sebagai " locker ", mereka memberikan
traksi maksimum dengan dasarnya bergabung
bersama kedua roda.
Bagi
mobil penumpang ataupun yang lainnya terutama medan yang berat (berlumpurdan
becek), jalan yang berlumpur dan becek mengakibatkan kerugian yaitu terjadi
selip pada roda-roda penggerak.
Ketika salah satu roda memiliki traksi
yang buruk, maka roda tersebut akan berputar dengan bebas atau selip.
Hal ini
mengakibatkan kerugian tenaga pada kendaraan. Selain kerugian tenaga yang
terjadi, hal tersebut juga merupakan
sumber bahaya yang dapat menyebabkan
kecelakaan pada kendaraan.
Selain
itujuga menghambat perjalanan karena mobil pasti tidak akan mampu berjalan
dengan lancar.Berdasarkan hal tersebutlah, disusun makalah dengan judul
mekanisme Air lock differential.
Mekanisme
differential lock sangat bermanfaat ketika terjadi kondisi dimedan
berat . Dimana tidak akan terjadi lagi roda mobil selip karena medan yang licin
atau berlumpur.
(sumber : Laporan Tugas Akhir saya sendiri)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar