Rabu, 22 Oktober 2014

Air Locker Differential


 
      LATAR BELAKANG
Dipulau Kalimantan yang menyimpan potensi sumber daya alam yang banyak seperti pengeboran minyak, penambangan batu bara dan perkebunan (karet dan kelapa sawit). Maka banyak perusahaan-perusahaan yang berdiri dan memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat sehingga dapat bekerja dalam suatu perusahan. Tetapi tidak semua mobil dapat melintas pada jalan operasional perusahaan dikarenakan medan jalan yang berlumpur, becek (faktor cuaca tidak mendukung) dan tanjakan gunung yang sangat tinggi. Hanya DOSER, PC dan alat berat lainnya yang dapat beroperasi dijalan yang becek dan tanjakan gunung yang sangat tinggi, sedangkan mobil sarana (mobil kecil) tidak dapat menembus jalan yang tidak mendukung.
Maka, dari itu perusahan akan mengabil atau membeli jenis mobil 4x4 atau juga dinamakan double differential supaya dapat membawa barang produksi seperti logistik, batu bara, separe part, karet dan buah kelapa sawit, dan menebus perjalanan yang becek, belumpur,dan tanjakan, tetapi mobil kecil (sarana) model 4x4  masih dirasa kurang  bisa melewati medan tersebut perlu adanya penambahan suatu alat untuk menambah tenaga pada  mobil tersebut. Sistem air locker differential membuat  mobil yang  kurang bertenaga menjadi lebih bertenaga pada air lock differential,  putaran differential disambungkan ke axle shaft  dan menjadi satu sehingga mobil bisa lebih bertenaga dalam cengkraman dimedan jalan yang berlumpur,becek dan tanjakan gunung mencapai 750 segala rintangan  yang tidak memungkinkan.


FUNGSI DIFERENSIAL
Diferensial adalah salah satu bagian dari sistem pemindah tenaga yang bertugas untuk memindahkan tenaga putar dari propeller shaft ke poros roda belakang (rear axle) dan untuk memungkinkan adanya perbedaan putaran antara roda kiri dan roda kanan belakang saat membelok, baik berbelok kekiri maupun kekanan.
Dalam hal ini roda kanan dan roda kiri belakang kendaraan tidak selalu berputar dalam kecepatan yang sama, karena disebabkan oleh kondisi jalan, terutama disaat kendaraan akan berbelok. Yang dimana jarak tempuh atau turning radius roda bagian luar harus lebih besar dibandingkan turning radius roda bagian dalam sehingga roda bagian luar bergerak lebih cepat dari pada roda bagian dalam.
Perbedaan tekanan ban atau terjadinya keausan pada ban dan roda dapat menyebabkan kendaraan sulit untuk dikendalikan, maka penggunaan diferensial sangat dibutuhkan pada mobil.


AIR  LOCKER DIFFERENTIAL
Lock differential adalah suatu perangkat pada differensial yang berfungsi mengunci gigi satelit (Pinion dan side gear).


Gambar. air lock differential


Penguncian ini memberikan 100 % dari torsi engine  pada kedua roda , bahkan jika salah satu memilik nol traksi (salah satu ban ada yang selip).
Mengunci differential  ,sering disebut sebagai " locker ", mereka memberikan traksi maksimum dengan  dasarnya bergabung bersama kedua roda.
Bagi mobil penumpang ataupun yang lainnya terutama medan yang berat (berlumpurdan becek), jalan yang berlumpur dan becek mengakibatkan kerugian yaitu terjadi selip pada roda-roda  penggerak.
 Ketika salah satu roda memiliki traksi yang buruk, maka roda tersebut akan berputar dengan bebas atau selip.
Hal ini mengakibatkan kerugian tenaga pada kendaraan. Selain kerugian tenaga yang terjadi, hal tersebut juga merupakan sumber  bahaya yang dapat  menyebabkan  kecelakaan pada kendaraan.
Selain itujuga menghambat perjalanan karena mobil pasti tidak akan mampu berjalan dengan lancar.Berdasarkan hal tersebutlah, disusun makalah dengan judul mekanisme Air lock differential.
Mekanisme differential lock sangat bermanfaat ketika terjadi kondisi dimedan berat . Dimana tidak akan terjadi lagi roda mobil selip karena medan yang licin atau berlumpur.

(sumber : Laporan Tugas Akhir saya sendiri)
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar